Rabu, 25 Juni 2008

Jerawat, Bukan Masalah.. Part 1


Kalau disuruh menyebutkan musuh nomer satu bagi kulit wajah, pasti semua orang dengan lantang akan langsung meneriakkan, ‘jerawat’.
He....he..... kenapa nggak ?
karena selain hal yang satu ini bisa mengganggu penampilan secara kasat mata, musuh nomer satu ini juga bisa menggerus rasa percaya diri orang loh.
Jerawat sebenarnya adalah masalah yang umum, karena penelitian pun menunjukkan bahwa hampir 85% pada usia 12-25 tahun pernah bermasalah dengan problem yang satu ini.
Tapi apa sih jerawat itu sebenarnya ?
Menurut Desiree Sianipar Panggabean, pakar kecantikan kulit, jerawat dapat didefinisikan sebagai pembengkakan di permukaan kulit karena kelenjar yang memproduksi minyak tersumbat dan terkena bakteri.
Jerawat juga terjadi karena adanya gangguan hormonal pada diri seseorang. Gejala itu umumnya dimulai pada usia 11 hingga 12 tahun, namun ada yang baru dimulai pada usia 30 tahun.
Jika seseorang terkena jerawat, yang perlu diwaspadai adalah jangan gegabah pakai obat jerawat. Kenapa ? karena jika sudah terlanjut parah, jerawat ini ternyata mampu 5 hingga 7 tahun.!
Nah, yang menjadi masalah, apakah pada kurun waktu tersebut kita harus berdiam diri dan tidak melakukan tindakan apa-apa ? Jelas tidak, dong.
Pasalnya, jerawat banyak mengandung bakteri. Efeknya terhadap kulit pun cukup serius, bahkan dapat menciptakan “lubang-lubang indah” di seputar wajah.Nah..... jika kita sudah memahami apa itu sebenarnya jerawat, Ada baiknya kita kenali juga jenis jerawat pada umumnya.
Ada dua jenis jerawat yang sering kedapatan menghiasi wajah.
Pertama, adalah jerawat yang berupa tonjolan kecil berwarna kemerahan. Mungkin jerawat jenis ini termasuk yang sering ‘mampir’ di wajah Anda. Kadang muncul satu ataupun dua dan tidak terlalu menyita perhatian, tapi repotnya jerawat jenis ini kadang muncul beberapa tetapi berdekatan dalam satu bidang wajah.
Jenis jerawat satu lagi adalah jerawat batu atau cystic acne. Jerawat jenis ini punya ukuran yang cukup besar dibanding jenis jerawat sebelumnya. Tonjolannya yang bisa meradang hebat. Jerawat cystic juga berkumpul di seluruh muka ( berbeda dgn jerawat biasa yang berkumpul di salah satu bagian muka ). Tipe jerawat cystic ini lebih baik segera dikonsultasikan ke dokter kulit dan kecantikan. Karena pada umumnya jerawat jenis ini susah ditangani hanya dengan jenis obat jerawat biasa yang beredar bebas di pasaran. (Bersambung) .... heheheh
rileks.com